0

Efek Ketawa Buat Kesehatan

Selasa, 17 Mei 2011
Share this Article on :

Nggak sengaja gue brwosing-browsing nemu pic dibawah ini. Hal pertama yang gue lakukan adalah ketawa. Gue gak abis pikir PD amat yah nich orang
Gue suka tuch kreatif abis man
Gue yang kemarin-kemarin sempat suntuk abis ketawa jadi lega " feel better". Gue jadi pengen tahu gimana sich manfaat ketawa bagi kesehatan itu dan kaitannya dengan stress???

Menurut Dr. Lee Berk, seorang imunolog dari Loma Linda University di Kalifornia, AS, tertawa bisa mengurangi peredaran dua hormon dalam tubuh, yaitu efinefrin dan kortisol, yang bisa mengalangi proses penyembuhan penyakit. Dalam riset lain Rosemary Cogan dari Texas Tech University menemukan bukti bahwa rasa nyeri atau sakit akan berkurang setelah tertawa. Tertawa tidak saja bisa mengurangi rasa sakit tapi juga meningkatkan kekebalan tubuh.

Selain itu tertawa juga akan melatih diafragma torak, jantung, paru-paru, perut, juga membantu mengusir zat-zat asing dari saluran pernapasan. Di samping itu tertawa juga sangat ampuh untuk meringankan sakit kepala, sakit pinggang, dan depresi.

Gue juga pernah liat di tv ada terapi pengobatan dengan tertawa, dimana terapi itu diikuti oleh orang-orang yang sudah lanjut, dokternya bilang kalo waktu ketawa ada semacam zat kalo gak salah namanya" endorphin", yang bisa ngebuat tubuh lebih enakan. Dan hal itu emang gue rasakan sendiri, perasaan gue membaik dan gue jadi semangat lagi. So kalo mo ketawa, ketawa aja jangan dipendam-pendam, tapi jangan keterusan ntar dikirain gila lagi


Artikel Terkait:

0 komentar:

Posting Komentar

Doa memberikan kekuatan pada orang yang lemah, membuat orang tidak percaya menjadi percaya dan memberikan keberanian pada orang yang ketakutan.